//Kompetisi Kreasi Buku Digital Indonesia 2018

Kompetisi Kreasi Buku Digital Indonesia 2018

Peraturan Kompetisi

Mengerti peraturan dengan jelas merupakan langkah awal yang penting!

Tentang Kompetisi

Kompetisi ini merupakan yang ke-delapan kalinya diadakan sejak tahun 2011. Dengan tetap memegang prinsip kreatifitas, para peserta tidak dibatasi dengan tema atau topik tertentu. Peserta bebas berkreasi, membuat buku digital yang terbaik yang pernah ada!

Ketentuan Kompetisi

  1. Karya yang pernah diperlombakan dan menang dalam ajang serupa berskala Nasional atau Internasional, tidak dapat diikutsertakan dalam kompetisi ini.
  2. Data peserta yang tidak diisi dengan benar dan lengkap akan didiskualifikasi dalam kompetisi ini.
  3. Mengikuti kompetisi ini berarti setuju dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan dalam kompetisi ini. Segala bentuk pelanggaran yang dilakukan wajib dipertanggungjawabkan oleh peserta yang bersangkutan.
  4. Karya yang diperlombakan harus merupakan materi yang dibuat dan diunggah sendiri. Jika terdapat pelanggaran hak cipta pada konten yang diunggah, peserta wajib mempertanggungjawabkannya sesuai dengan hukum yang berlaku.
  5. Karya yang diperlombakan dalam kategori Edukasi hanya dapat diunggah dan di-edit melalui Platform Resmi Kompetisi ke-8 yang sudah disediakan.
  6. Karya yang diperlombakan dalam kategori Profesional, dapat mengunggah file PDF atau EPUB ke website kompetisi ini, serta menyertakan link/tautan pada saat pendaftaran karya. Jika terdapat kesalahan, panitia berhak menghapus atau mendiskualifikasi peserta.

Persyaratan Peserta

  1. Peserta berasal dari pelajar atau guru dari seluruh dunia.
  2. Peserta dapat berpatisipasi secara perorangan atau kelompok. Setiap kelompok tidak lebih dari 6 siswa/i, dan harus memiliki 1 guru pembimbing.
  3. Minimal 10 halaman untuk setiap karya atau buku yang diperlombakan.
  4. Untuk kategori Profesional, siapa saja boleh berpatisipasi (tidak terbatas guru atau siswa/i)

Cara Berpatisipasi

  1. Daftarkan diri atau tim Anda sebagai Anggota dengan memilih [Daftar] di bagian [Anggota]. Isilah data secara lengkap, tepat dan jelas. Setelah itu verifikasi akun Anda melalui URL yang telah dikirimkan ke email Anda.
  2. Setelah mendaftarkan diri dan login, pilih [Partisipan] di bagian [Anggota]. Apabila Anda mendaftarkan tim Anda, isilah data ketua tim dan data setiap anggota (maks. 6 orang termasuk ketua).
  3. Setelah diri atau tim Anda terdaftar sebagai partisipan, Anda dapat memilih untuk mengupload karya Anda dalam bentuk PDF atau menggunakan template yang telah disediakan.
  4. Apabila Anda telah mengupload karya Anda, Anda juga dapat mengeditnya dengan berbagai alat yang telah disediakan, seperti menambahkan gambar, video, audio, link ataupun peta.
  5. Setelah selesai mengedit karya Anda, Anda dapat langsung menerbitkannya dan menunggu hasil pengumuman.

Kategori Kompetisi

*Untuk partisipan yang berasal dari luar Taiwan, namun karya yang dimiliki dalam bahasa Inggris atau Mandarin, dapat memilih salah satu kategori sekolah (SD – Perguruan Tinggi) atau Overseas (pilih salah satu).

*Untuk partisipan yang berasal dari luar Taiwan, namun karya yang dimiliki dalam bahasa lain (seperti: Bahasa Indonesia, dll), harus memilih kategori Overseas.

Terdapat 3 kategori dalam kompetisi ini:

1. Kategori Edukasi

  • SD : Para pelajar yang berada di tingkat Sekolah Dasar.
  • SMP : Para pelajar yang berada di tingkat Sekolah Menengah Pertama.
  • SMA : Para pelajar yang berada di tingkat Sekolah Menengah Atas.
  • SMK : Para pelajar yang berada di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan.
  • Universitas : Para mahasiswa/i yang berada di bangku perkuliahan (termasuk mahasiswa/i master dan doktoral).
  • Guru : Para pengajar (termasuk staff sekolah).
  • Overseas : Para pelajar dan para pengajar yang berasal dari luar Taiwan (warga negara non-Taiwan).

2. Kategori Profesional

  • Profesional (mengunggah karya dalam format EPUB)
  • Umum (mengunggah karya dalam format PDF)

3. Kategori Tema Khusus

  • Para sponsor dapat menentukan lingkup peserta yang dapat mengikuti kategori tersebut, apakah hanya dalam lingkup sekolah, daerah atau mungkin terbuka untuk umum. Segala peraturan, hadiah serta kebutuhan dalam kategori ini akan ditentukan dan disediakan oleh para sponsor.
  • Tema dalam kategori ini akan ditentukan oleh masing-masing sponsor, namun pengumuman pemenang akan diumumkan bersamaan dengan kategori lainnya. Selain itu, acara pemberian penghargaan akan ditentukan oleh masing-masing sponsor, apakah akan diselenggarakan secara bersamaan atau tidak.
  • Semua partisipan kategori tema khusus juga dapat berpartisipasi dalam kategori edukasi dan profesional dengan karya yang sama.

Jadwal Kompetisi

  1. Pembuatan karya: 11 Oktober 2017 (11:00 WIB) – 2 Maret 2018 (11:00 WIB)
  2. Batas pengumpulan karya: 2 Maret 2018 (10:59:59 WIB)
  3. Online voting: 5 Maret 2018 (11:00 WIB) – 15 Maret 2018 (11:00 WIB), total 11 hari.
  4. Penjurian awal: 9 Maret 2018 – 15 Maret 2018.
  5. Pengumuman finalis: 21 Maret 2018 (11:00 WIB), finalis akan diumumkan melalui website kompetisi ini.
  6. Penjurian akhir: 23 Maret 2018 – 30 Maret 2018.
  7. Pengumuman pemenang: 27 April 2018.

Standar Evaluasi

  1. Dibagi menjadi dua tahapan: Penjurian Awal dan Penjurian Akhir.
  • Penjurian Awal : Finalis akan ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan akan dipilih sebanyak 20% dari total partisipan.
  • Penjurian Akhir : Para juri akan memilih pemenang dari daftar finalis berdasarkan standar evaluasi yang ditentukan.
  1. Kriteria Penilaian

Kategori

Konten (70%)

Kreativitas

30%

Multimedia (30%)

tautan

5%

layout

20%

video

5%

ukuran buku

5%

suara

5%

ketertarikan

5%

latar musik

5%

penggunaan warna

5%

peta

5%

ukuran tulisan

5%

tulisan

5%

*total kriteria penilaian adalah 100%.

*hasil voting tidak termasuk dalam kriteria penilaian.

*alur buku tidak termasuk dalam kriteria penilaian, namun jika terdapat alur yang tidak jelas, maka karya tersebut akan dibatalkan.

Perhatian

  • Bagian pemungutan suara hanya menghitung nama akun yang valid, telepon, serta alamat surat yang benar. Akun tidak sama dengan nomor partisipan, seperti. Finder001, finder002, finder003 … … Jika akun tidak memenuhi ketentuan suara yang sah, maka panitia berhak menghapusnya.
  • Bagian operasional website berhak membuka atau mencetak ulang karya kontestan untuk mengupload foto dan karya tersebut.
  • Terlepas dari apakah guru itu adalah pengajar atau tidak, pengajar tersebut akan diklasifikasikan sebagai kelompok guru.
  • Menurut undang-undang perpajakan Taiwan, apabila hadiah lebih dari NTD 20.000, maka pemenang harus membayar pajak penghasilan sebesar 10% (panitia akan memotong pajak penghasilan 10%). Jika hadiah uang lebih dari NTD 1.000, maka pajak tahunan harus disertakan dalam pendapatan pribadi. Untuk peserta yang tidak menetap di Taiwan atau tinggal di Taiwan kurang dari 183 hari, wajib membayar pajak 20% dari nominal hadiah uang yang diberikan. Pemenang wajib memberikan kartu identitas yang dibutuhkan guna pelaporan pajak.
  • Penyelenggara berhak mengubah isi hadiah atau memodifikasi kegiatan.
  • Jika peserta membutuhkan sertifikat sebagai bukti partisipasi, peserta dapat membayar sebebsar NTD 100.
  • Pemenang tidak dapat diwakilkan.