/Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam

 

Yang tidak kalah penting, di sektor ekstraktif (minyak, gas dan mineral) telah menjadi perhatian penting baik tantangan maupun peluang. Disadari sumber daya alam telah kerap mendorong hadirnya persoalan sosial. Dari konflik kekerasan, kerusakan lingkungan, ketidakadilan gender dan ketidaksetaraan lainnya, juga fenomena pelintas batas. Namun bagi mereka yang mampu mendorong demokrasi (lokal) ada banyak kasus dimana pengelolaan sumber daya alam, peran masyarakat telah tumbuh secara berkelanjutan dan setara guna pembangunan sosial.

IRI dalam review, analisis kebijakan, kemudian mengembangkan rencana tindak lanjut bekerja diantaranya untuk perancangan dan implementasi dari tujuan apakah negara dan stake holder dapat memanfaatkan sumber daya ekstraktif untuk pembangunan berkelanjutan. Bagaimana untuk mencapainya bersama-sama berada dalam area kerangka hukum dan fiskal, memperkuat sistem manajemen keuangan publik, mekanisme alokasi pendapatan untuk tingkat pengembalian sosial yang tinggi.

A.Mengembangakan inisiatif pemanfaatan sumber daya alam potensial sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan.