/Sumber Daya Teknologi

Sumber Daya Teknologi

 

IRI kemudian juga melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) mesti dilakukan paralel dengan meningkatnya keterampilan dan pengetahuan manusia, sehingga perkembangan tersebut didorong untuk memperluas ruang lingkup aplikasinya sehingga memberikan dampak yang sangat luas terhadap bidang industri lainnya dan terhadap alat bantu (tools).

Hampir semua negara industri maju memberikan prioritas pada upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan (research and development) industri dan teknologi khususnya dalam bidang teknologi manufaktur, teknologi produk maupun teknologi proses. Upaya negara-negara berkembang kini masih berorientasi pada peningkatan daya saing dalam rangka membuka akses menuju pasar internasional. Semestinya diarahkan pada pengembangan daur hidup suatu produk (product life cycle) yang terasa makin memendek, khususnya dalam bidang industri elektronika dan informatika.

Upaya pentingnya kemudian adalah bagaimana mendorong technology capability atau kemampuan teknologi, yakni bagaimana menggunakan teknologi secara efektif. Kemudian technology effort yakni kemampuan memilih, membaur, dan menyesuaikan yang diimpor dengan kondisi lokal atau bahkan menciptakan teknologi baru.

A.Mengembangkan inisiative peningkatan pemanfaatan dan penguasaan teknologi untuk kepentingan layanan dan produksi;

  • Robotic
  • Drone
  • Coding